Friday, 27 May 2016

Yes, I Do Love MySelf! An Ayuverdic Lifestyle (Part 2)

Haiiii,
Seperti janji saya di post sebelumnya, saya mau cerita lagi tentang Workshop The Timeless Secret for Modern Mom's Happiness (Ayuverdic Lifestyle) By Halo Ibu dan Zia Nichols. Jadi setelah Zia menerangkan dasar kebahagiaan, kami semua diminta menuliskan jadwal harian secara lengkap tengan jamnya. Saat itu saya sadar kalau sehari-hari jadwal saya kacau banget.! Maklum namanya juga kerja di rumah, jadi semau-maunya saya deh! :P

Jadwal saya hari ini bisa beda sama besok. Waktu bangunnya ga seragam, sehabis bangun kadang minum terus olahraga kadang langsung buka laptop atau langsung megang Sya. Wah malu sendiri lihat jadwal saya. x)

Setelah itu diterangkan bahwa setiap kita punya unsur masing-masing sejak diciptakan, ada 5 eleven dalam Ayuverda (Ether, Air, Fire, Water, Earth). Kelima unsur itu nantinya yang menjadi alat untuk menyeimbangkan hidup kita.

Nah taunya ga seimbang dari mana?

Dijelasin deh sama Zia ada 3 tipe dosha (gabungan unsur-unsur tadi) yakni Vata, Pitta dan Kapha, yang mewakili kepribadian dan sistem di tubuh kita. Kami semua ikut tesnya berpasang-pasangan karena tes pertama banyak mengenai fisik tubuh yang which is perempuan suka salah tafsir ama tubuhnya sendiri. Daguku double deh kayaknya, padahal ga. Jariku gede-gede nih, padahal biasa aja. Tulangku besar tau, kenyataannya ada yang lebih besar. :D

Setelah itu mengisi tes kepribadian. Hasilnya digabungkan dan ketemu deh Dosha kita apa (Saya Kapha-Pitta, setelah digabung dominan Pitta). Kalau mau tahu Dosha kamu apa bisa konsul sama Zia atau ikuti workshop berikutnya ya. ;) (promo detected!)

Ternyata untuk orang Pitta dominant unsurnya Api dan Air (Fire & Water) jadi kalau ga seimbang gampang marah-marah (saya banget! hahaha..), ga bisa lapar (iya saya kalau lapar judes banget! hehe..), dan ga sabaran (duh, bener semua). Nah saya merasa ga seimbang nih Pitta saya, padahal kalau seimbang saya bisa bebas sembelit dan jadi orang yang goal achiever banget tapi kenyataannya jauh dari itu. Saya jadi lebih banyak mimpinya daripada yang diraih, tiap hari berjuang untuk bebas konstipasi, dan bangun tidur badan suka lemas.

Zia pun menjelaskan mengenai jadwal harian, ternyata ada waktu-waktu tertentu untuk melakukan sesuatu.

  • Pukul 02.00 -06.00 (Vata): Bangun tidur baiknya di antara jam ini, badan pasti lebih segar kalau mau langsung dilanjutkan berdoa itu ibaratnya jalan tol, langsung cepat nyambung ke Tuhan. 
  • Pukul 06.00-10.00 (Kapha): Saatnya bergerak dan minum yang hangat untuk melancarkan pencernaan. Setelahnya mandi dan oles minyak ke tubuh untuk menutrisi kulit. Saya praktekan si pijat ini dengan Vico Bagoes, enaaakkk bangeett kulit jadi glowing, si Sya juga ketagihan sampai dibawa kemana-mana botol minyak kelapanya, lalu hilang deh si botol ditelan kolong meja atau lemari mana, entah. :)))
  • Pukul 10.00-14.00 (Pitta): Saat optimal untuk kerja dan makan siang karena tubuh kita on fire istilahnya. Untuk si Pitta kayak saya perbanyak makan sayur di jam segini dan porsi yang bank biar kenyang sekalian. Saya coba praktekin eh bener loh, saya biasanya suka ngemil lagi abis makan siang sekarang udah merasa cukup dan ternutrisi. Tubuh juga lebih ringan rasanya.
  • Pukul 14.00-18.00 (Vata): Siapa yang suka ngantuk jam segini? Tosss sama saya! Ini jam rawan buat tidur siang! Hahaha, ternyata wajar aja! Kalaupun ga tidur siang, jam segini bagus untuk hal-hal kreatif, kalau teman saya Ceu Fetty suka ngeblog jam segini katanya.
  • Pukul 18.00-22.00 (Kapha): Saatnya cuddle time, persiapan untuk tidur. Ga bisa tidur nyenyak dan temat waktu? Mungkin karena kita ga persiapkan diri untuk tidur. Mandi, redupkan ruangan, baca buku, mengobrol dengan keluarga bukan gadget, pasang essential oils, adalah cara-cara untuk persiapkan tubuh memasuki waktu tidur. 
  • Pukul 22.00-02:00: Periode Deep Sleep, sudah seminggu ini kami selalu tidur dengan lampu mati. Awalnya saya iseng cobain, eh ternyata Sya ketagihan (sebelumnya ketakutan) sekarang setiap mau tidur Sya sendiri yang minta"Bun matiin lampunya tolong" dan ia terlelap sampai pagi.


2 things you can choose are activities and food
Saya coba pelan-pelan, karena quote ini pas banget menurut saya:
Change Happens in Stages

Pelan-pelan saya bangun di jam yang sama, saya download aplikasi Fabulous di hp, make sure saya punya rutinitas pagi yang baik. So far, saya udah rajin ngeblog lagi kan, terus olahraga dan makan lebih sehat. Setiap bangun pagi, saya jadi bebas sembelit, lebih produktif, lebih bahagia, lebih adem ga gampang marah (jujur ini susah, kadang masih suka terlontar gitu aja tapi intensitasnya berkurang jauh) dan nerima bahwa nothing's perfect yang penting saya coba dulu untuk berubah, bahwa orang lain ga bisa selalu ngikutin maunya saya.

Now, I Do Love Myself!

So very super duper THANKS to Asthra (Halo Ibu) dan Zia Nichols atas kesempatan belajar hal baru yang bikini saya jadi jauh lebih baik. Makasih banget ya. Smoga Tuhan balas kebaikan kalian. (kiss and hugs)


Stay Happy! :)





No comments:

Post a Comment