Friday, 26 May 2017

PRODUKTIF BEKERJA DARI RUMAH



Foto dari Pinterest: Meja Kerja Idaman Saya

Banyak ibu-ibu yang bermimpi bisa kerja dari rumah. Apakah kamu salah satunya? Saya juga dulu gitu, awalnya saya buka usaha kue, tapi semakin berkembang saya butuh ruang lebih besar dan tenaga lebih banyak. Sayangnya saya ga bisa penuhin kebutuhan itu, jadi usaha kue saya mandek deh, hehe. Lalu 2,5 tahun ini saya berkelut dengan dunia sosial media, pekerjaan yang bisa saya lakukan dari rumah.

Read More: Resign: Yes or No?

Awalnya saya anggap selama ada komputer (atau laptop) dan internet, pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja termasuk dari kamar tidur atau sofa depan tv. Tapi yang ada saya malah suka ga fokus, harusnya browsing buat tulisan malah klik online shopping, hahaha. Akhirnya saya beli meja kerja sendiri. Awalnya saya taruh di kamar tidur, biar sambil ngawasin bocah yang tidurnya suka akrobat, alhasil capek sedikit saya langsung rebahan terus main hp, jaaah ga produktif lagi deh.




Ternyata saya tetap butuh ruang kerja sendiri atau area yang khusus buat bekerja karena semakin banyak tuntutan pekerjaan yang butuh konsentrasi tinggi dan adanya deadline. Untungnya ada ruang kosong dekat kamar tidur yang saya ubah jadi ruang kerja. Saya panggil tukang untuk benahi bocor, saya modal beli AC karena ruangannya panas sekali kalau ga pakai AC, ruangan di cat warna putih hangat, dilengkapi dengan printer dan wire board, wah menurut saya ini udah cukup banget punya ruangan sendiri jauh dari gangguan jadi bisa produktif. Eh ndilalah (apa ya Bahasa Indonesianya? Tiba-tiba?) sehari saya nempatin ruang kerja yang baru, suami ikutan taruh meja kerja di situ, begitupun si bocah yang gotong meja bermainnya dia. Jadilah ruang kerjanya dipakai bertiga! Mainan anak pun merajalela di ruang kerja, ahahahaha *emak ketawa stress *

Jadi tetap ada masa produktivitas berkurang karena suami ngajak ngobrol-lah atau anak ajak main tiba-tiba udah nemplok dipangkuan saya sambil coret2 meja. Kemudian secercah pencerahan datang, Productive Mama ngadain PMSoiree bersama Fabelio membahas ruang kerja. Wah harus ikutan nih saya!

Benar aja, acaranya seru banget, saya sempat curhat perihal ruang kerja saya. Fabelio memberi tips baiknya membuat mood board dulu untuk membentuk meja kerja yang kita inginkan. Tema besarnya apa, misalkan kalau mood board saya Glaming Warm karena saya lagi suka warna rose gold dan permainan cahaya. Nah itu yang diaplikasikan ke mood board kita. Kalaupun modal sedikit, kita bisa mulai beli satu persatu barang untuk kebutuhan kerja tapi sudah pasti bisa serasi karena mengikuti mood board.


Cari inspirasi mood board bisa dari majalah, print-an online shop sampai guntingan bahan.




Mood Board Saya: Pink, Cream, Rose Gold


Tips Fabelio sendiri agar sudut kerja di rumah jadi produktif antara lain:
1.   Pastikan banyak sinar matahari masuk ke ruangan, ruangan yang cerah meningkatkan produktivitas kerja.
2.     Gunakan aksen warna hijau dan biru untuk meningkatkan produktivitas kerja.
3.     Tidak lebih dari 3 barang utama yang ada di atas meja kerja agar selalu fokus.
4.     Menggunakan lemari penyimpanan yang tingginya tidak melebihi jangkauan tangan kita.
5.     Adanya tanaman hijau akan meningkatkan produktivitas kerja sampai 15%.


Nah kalau udah siap mau kerja dari rumah, siapkan dulu ya sudut meja kerjanya dengan panduan dari Fabelio di atas. Kalau meja kerja impianmu seperti apa?


Ibu-Ibu di PMSoiree X Fabelio

No comments:

Post a Comment