Monday, 22 May 2017

SUKSES USAHA DARI PONSEL




“Ken, bagi resep kue susnya dong.”

Dulu, saat saya masih bikin kue, banyak yang minta resep kue bikinan saya, padahal resepnya gampang banget dan bisa dicari di internet tinggal mengembangkan sendiri dan kasih ciri khas, jadi deh suatu produk baru. Saya juga dulu gitu, cenderung gaptek dan pakai internet cuma buat nonton drama korea, main game, blogging, chatting, FB-an, IG, hehe. Tapi sampai kapan kita mau membiarkan peluang emas yang ditawarkan tehnologi untuk kebaikan kita seperti melebarkan sayap usaha.


Cari resep kue, cara menjahit baju, cara pilih bahan, menghitung modal, dan lain sebagainya sekarang bisa dengan Google saja loh. Google ada di mana? Ada di ponsel kamu sendiri, apalagi kalau sudah pakai ponsel pintar tinggal download aplikasi Google aja. 

Coba deh sambil baca ini sambil praktik juga, buka google.com dan ketik “Resep Bolu” atau “Sponge Cake Recipe” pasti keluar berderet video dan artikel yang menjelaskan dengan lengkap langkah-langkah bikin kue bolu. Jadi ga perlu pergi kursus, kita bisa coba sendiri di rumah, pastinya sekali coba ga akan berhasil ya, perlu berkali-kali coba dulu baru mahir. Kalau sudah mahir, produk ini bisa kita jual kan?

Nah, google ga cuma kasih tau cara bikinnya aja tapi juga cara jualannya, sekarang udah ada google bisnisku yang bisa kamu download di ponsel (ini link untuk android dan ini untuk ios ya). Google bisnisku ini buat bantu usaha kamu ketemu dengan pembeli yang lebih banyak lagi. 

Sederhananya gini, sekarang jaman udah serba praktis, calon pembeli ga lagi tuh cari sesuatu lewat brosur, tapi biasanya lewat search engine seperti google. Tinggal masukin kata kunci “Kue Bolu di Jakarta Selatan” di google nanti akan keluar sederet nama tukang jahit beserta alamatnya, pembeli tinggal pilih mau pakai penjahit yang mana. Pilihannya bisa berdasarkan jarak, harga atau testimoni pelanggan, semua data ada di google tinggal pembeli cari sesuai kebutuhan. Nah bagaimana kalau pembeli itu ternyata tetangga di komplek kamu, yang ga tau kalau kamu juga bisa jahit dan mulai terima orderan?
 
Contoh Pencarian Di Google

Dari contoh di atas Sari Wangi Kue dan Bolu serta Toko Bolu Ngudi Rasa adalah conto usaha yang sudah ikutan Google Bisnisku, jadi begitu cari Kue Bolu di Jakarta Selatan langsung keluar dua toko itu, lengkap dengan alamat dan ratingnya. Jadi kamu bisa ketemu pembeli via google lewat google bisnisku. 

Masih perlu alasan lain untuk gabung Google Bisnisku? 

Pertama, karena ini gratis, jadi otomatis ga perlu keluar uang kan untuk biaya promosi usaha kamu.
Kedua, ini mudah, kamu bisa bikin dari ponsel kamu sekarang juga, tinggal bikin akun gmail lalu cari google bisnisku atau klik ini.
Ketiga, ini efektif karena kamu bisa lihat review pembeli di sini, orang yang mau beli bisa lihat profil usaha kamu, dan pengguna google kan seluruh dunia, siapa tahu produk kamu dicari oleh pembeli besar seperti sebuah toko kopi di Bandung yang tiba-tiba dapat pesanan 1,5 ton biji kopi dari pembeli di Singapur! Ini kisah nyata loh. 
Keempat, ada komunitasnya jadi kamu ga sendirian dan akan terus ada pelatihan tentang memaksimalkan media internet untuk pengembangan bisnismu.   


Saya nonton video beberapa pengusaha sukses saat datang ke Women Will Conference di Nine Ballroom Thamrin hari rabu minggu lalu. Wah keren-keren banget ada Ibu-ibu di Surabaya matan karyawan tivi nasional yang buka usaha konveksi awalnya cuma usaha jahitan biasa lama-lama jadi buka konveksi dan mempekerjakan ratusan ibu rumah tangga lainnya dengan klien sampai mancanegara! Lalu ada usaha yang berangkat dari hobi fotografi kini sudah punya toko dimana-mana, namanya Papyrus Foto, pasti pernah dengar kan? Juga yang bikin saya kaget selama ini saya suka cari kegiatan crafting buat Sya eh ternyata ada loh dekat rumah banget yang bikin usaha itu, dan infonya ada di google!


Masa kamu ga ingin sukses kayak mereka juga? Yuk gabung google bisnisku sekarang juga. 

Fide Hayder dari Google Indonesia, Nadya Saib Co-CEO Wangsa Jelita, Vero dari Google Indonesia, Faye Alund dari Google Business Group
 
Refleksi ratusan wanita yang hari itu belajar bareng saya 


Program Warung Google Untuk Pelatihan Usaha Khusus Buat Wanita

1 comment:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya BPK ROSIKIN asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon mbah hardjo utomo,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan mbah hardjo utomo silahkan hub 085397835554 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB MBAH HARDJO UTOMO 085397835554,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    ReplyDelete