Sunday, 11 June 2017

APA SIH GLUTEN FREE ITU?



Sekarang banyak toko atau bakery yang menjual makanan dan kue dengan konsep Gluten Free. Apa sih gluten free itu dan memang sepenting apa sih menjauhi si gluten ini buat tubuh kita? Pertanyaan saya dijawab oleh Irna selaku pemilik Gula Gurih yang menjual kue bebas gluten di acara Change Maker Moms. Sebelumnya saya sudah pernah ikutan acara mereka dan seru sekali. 

Baca Lebih Lanjut: Bakat Anak Bukan Takdir

Irna Nur Shahbanu pemilik gulagurih, kalo pesan kue ulangtahun saya suka ke Irna ini.

Jadi gluten itu zak pelengket yang ada di dalam tepung, fungsinya untuk membuat tekstur kue atau roti lebih lembut dan kenyal. Tapi gluten ini ternyata sulit dicerna usus kita. Sehingga kalau kelamaan mengkonsumsi makanan bergluten bisa menghilangkan kemampuan usus mencerna makanan dengan baik, efeknya sudah pasti banyak penyakit yang mendatangi kita seperti:



1.     Alergi atau radang kulit
2.    Pencernaan seperti refluk atau seperti menolak makanan, bisa berujung pada maag akut dan kebocoran usus.
3.     Migrain
4.  Ketidakseimbangan hormon dan kurang nutrisi karena gluten bersifat mengeyangkan sementara
5.     Anemia karena terjadi pengurangan sel darah merah
6.     Nyeri sendi
7.     Mood swings
8.     Diabetes

Ga cuma orang dewasa yang bisa alergi gluten tapi bayi pun bisa. Ini karena konsumsi gluten yang terus menerus saat kehamilan dan menyusui. Jadi ibu-ibu kalau bayinya suka refluks (muntah) abis menyusui atau gatal-gatal kemerahan coba di cek makan apa ibunya? Apakah roti atau donat, kecap atau saus (ya dua ini juga mengandung gluten), atau mungkin mi? Untuk lebih lanjut sih bisa cek ke dokter langsung ya, tapi ciri-ciri umum bayi yang alergi gluten adalah seperti itu.

Gluten ini dihasilkan dari tepung terigu ya, kalau tepung lain seperti tepung beras, sagu, singkong, ubi, itu tidak mengandung gluten. Jadi karena proses pembuatan tepung terigu itu berkali-kali sehingga menghilangkan nutrisi besarnya yakni serat dan menghadirkan gluten. Makanya kalo makan roti yang ada glutennya itu kan lembut, begitu digigit nyesss gitu rasanya, kenyang sebentar terus laper lagi ya itu karena ada glutennya. Sedangkat roti atau kue gluten free cenderung renyah agak keras teksturnya.


Terus saat workshop tersebut ada juga yang nanya gimana dengan roti gandum katanya lebih sehat karena pakai tepung gandum utuh? Menurut Irna tepung gandum utuh memang lebih sehat karena fibernya atau seratnya lebih tinggi daripada tepung terigu biasa, tapi teksturnya memang lebih padat atau keras ya daripada tepung terigu.

Terus gimana dong yang doyan makan mie kayak saya? Hehe, Irna menyarankan pilih mi dari bahan natural seperti ada campuran sayurnya atau bihun dan kwetiau yang menggunakan tepung beras.

Irna juga menganjurkan makanlah dalam bentuk aslinya seperti nasi itu lebih baik dari roti, kalaupun ingin makan kue pilih yang pakai bahan alami atau bebas gluten. Jajanan tradisional ternyata lebih sehat loh dari bakery karena umumnya pakai tepung beras atau bahan alami seperti getuk dan awung yang pakai singkong langsung.

Selain menjelaskan tentang Gluten, Irna juga praktek langsung resep kue Gluten Free. Seluruh peserta workshop bisa ikutan bikin bareng Carrot Cup Cake sambil dijelaskan bahan-bahan yang lebih sehat oleh Irna. Memang ya yang lebih sehat itu lebih mahal, seperti harga tepung gluten free atau minyak kelapa asli tapi kata Mbak Susan semua bisa diakali kok dengan pergi ke pasar langsung misalkan dan temui bahan-bahan tersebut, awasi prosesnya, langsung digunakan dalam jangka waktu cepat jadi ga perlu pengawet.




Senang banget dapat banyak ilmu baru, kalau teman-teman mau ikutan juga bisa loh karena Change Maker Moms ini sering mengadakan workshop tentang parenting, usaha, wanita, dll secara gratis! Selain nambah ilmu juga bisa nambah teman, kedepannya Change Maker Moms berencana adakan penyuluhan ke ibu-ibu di seluruh kota di Indonesia. Kamu tertarik untuk ikutan? Yuk follow CMM di fanpage dan Instagram.

Tim Change Maker Moms Bersama Irna

Seluruh Peserta Workshop Healthy Baking

Kuenya Lezat Loh tuh Syakira sama Mas Kibar Doyan!




2 comments: