Monday, 27 November 2017

CARA MUDAH HYPNOBIRTHING





Bahagia dan tenang banget! Itu yang saya rasakan usai kelas Hypnobirthing oleh Ibu Lanny Kuswandi di Festival Lahir kemarin.


Awalnya saya kira hypnobirthing itu ga mungkin lah. Masa bisa, orang lahiran senyum-senyum dan ga merasakan sakit sama sekali? Ibu-ibu yang sudah merasakan ‘dahsyat’nya melahirkan normal pasti juga setuju sama pendapat saya. Bahkan melihat adegan di film dan tv tentang proses melahirkan bikin banyak orang trauma dan ga mau lahiran normal.

Sakit banget!



Itu sudah jadi standar pakem lahiran normal (padahal SC juga sakit loh habis operasinya). Menapik pakem itu, Bu Lanny kemudian menampilkan wajah Olivia Jhensen, aktris, yang proses melahirkannya tanpa rasa sakit. Olivia melahirkan dengan tersenyum, proses lahirannya cuma 3 jam dari awal kontraksi sampai lahiran. Dan bayinya pun ikut tersenyum lebar saat sudah lahir. Ah, yang bener? Saya masih ga percaya ada orang yang bisa lahiran sebahagia itu.

Mau tau kuncinya?

Ternyata Bu Lanny kasih sedikit bocoran, selain latihan khusus bersama beliau ada juga cara gampang yakni AFIRMASI BERULANG KALI. Afirmasi itu adalah mimpi kita, inginnya seperti apa dan bagaimana caranya. Kalimat Afimarsi itu yang diulang terus menerus sepanjang hari sambil tarik napas, tersenyum dan tenang. 


Ketakutan itu seperti gunung es, terlihat kecil di permukaan tapi efeknya besar di alam bawah sadar kita termasuk tubuh kita - Lanny Kuswandi


Sederhananya kayak proses ‘branding’ sebuah barang, misal Odol, Aqua dan Indomie. Ketiganya bukan nama barang tapi merek sebuah barang Odol untuk pasta gigi, Aqua untuk air mineral dan Indomie untuk mie instan. Namun karena keberhasilan AFIRMASI BERULANG KALI, kemudian kebiasaan kita menyebut nama barang aslinya jadi bergeser. Sekarang kalau mau beli pasta gigil bilangnya Odol, dst.

Nah untuk impian kita melahirkan mudah, normal, dan bahagia juga harus diulang-ulang ke diri sendiri, puluhan kali bahkan ratusan sampai ribuan kali. Ulang juga dalam doa kita. Dengan pengulangan kata-kata positif, tubuh kita akan meresponnya dan seperti diperintahkan untuk mengikuti arahan tersebut. Sehingga ketakutan kita juga akan sirna.

Di akhir sesi, Bu Lanny mencontohkan Hypnobirthing dengan memasang musik tenang dan memandunya lembut sekali.
Pertama kita diajak tarik napas dalam, hembuskan perlahan, pejamkan mata.

Konsentrasi pada napas kita.
Lemaskan otot dahi.
Tersenyumlah…
Tarik napas panjang…
Lemaskan otot leher…
Tarik napas panjang…
Lemaskan Bahu…
Tangan…
Paha…
Betis…
Telapak kaki…
Semakin dalam napas kita… Semakin tenang…
Rasakan denyut jantung bayi dengan memegang perut…
Belai ia dengan kasih sayang…
Ucapkan dalam hati kata-kata positif betapa Anda mencitai bayi Anda…


Sederhana kan? Tapi ada loh salah satu peserta di samping saya yang sangat larut, hingga (setelah minta ijin suaminya) ditusuk jarum oleh Bu Lanny dan tidak berasa sama sekali. Hingga ia dibangunkan lalu baru nyadar, kok ada jarum di lenganku? Saya sendiri juga tenang banget rasanya, adeknya Sya nendang berkali-kali. Rasanya komunikasi kami bebas hambatan, benar-benar cuma saya dan adek A.


Read More: 

Rasanya setelah trimester pertama dan kedua yang menantang, saya ingin mengakhirinya dengan lahiran yang tenang dan penuh kebahagiaan. Jadi setiap pagi, sambil jalan kaki saya senandungkan irama sederhana untuk afirmasi positif ke adek A.

Sehat, sehat, anakku sayang.
Lahirannya mudah, normal dan sehat.

Iya, sesederhana itu saja. Tapi Adek A selalu bereaksi dan seperti ketagihan, setiap jam 7 pagi sudah menendang minta diajak jalan kaki dan berolahraga. Semoga harapan kita terkabul ya dek! Amin. 







1 comment:

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/black-walet-facial-soap/

    ReplyDelete