Wednesday, 27 December 2017

MENYELAM DI JAKARTA AQUARIUM

Liburan kali ini ga ke luar kota tapi diisi jalan-jalan di dalam kota saja deh, mengingat perut sudah besar dan males macet-macetan, hehe. Setelah minggu lalu Main Salju Di PIM, kemarin kami ke Jakarta Aquarium yang terletak di Neo Soho Mall, JakartaBarat.

Saat berangkat dari rumah saya di daerah pondok pinang sih tergolong lancar ya, jam 10an sampai sana jam 11 kurang. Asyik banget memang Jakarta lengang di Hari Natal. Mungkin karena masih banyak yang misa Natal ya.

Sampai di sana, saya kesusahan cari parkir (iya, saya nyetir sendiri karena susah cari taksi online) karena tidak ada petunjuk ini bagian apa, jalan di lapangan parkirnya juga tidak bagus, akhirnya saya turun lagi dan menggunakan jasa valet dengan membayar seharga 40 ribu rupiah.

Masuk ke Mall Neo Soho, kami sempat berputar dulu karena malu bertanya sesat di jalan, ahaha. Ya kami tersesat nyari si Jakarta Aquarium itu, saya kira di lantai 4 ternyata di lantai LM. Begitu sampai Jakarta Aquarium sudah ramai sekali! Saya beli tiket untuk Reguler seharga 175.000 rupiah. Satu lagi pilihan tiketnya adalah yang Premium seharga 225.000 rupiah. Bedanya apa? Tiket premium itu bisa keluar masuk selama 4 jam dan bisa menikmati 5D (disarankan untuk anak usia di atas 3 tahun). Ada juga paket tiket 300.000 sudah bisa masuk Jakarta Aquarium secara reguler dan Taman Safari Indonesia. Ya memang Jakarta Aquarium ini satu grup dengan Taman Safari.

Lalu bagaimana dalamnya? Ramai! Dengan orang dan ikannya. Karena baru ya, saya tidak mencium bau asin seperti Seaworld atau bisa juga karena tidak berada di daerah laut. Tapi koleksinya bolehlah meskipun tidak ada terowongan bawah laut seperti di Seaworld, ikan dan hewan laut lainnya banyak juga.

Ada layar besar yang bisa di tekan-tekan sebagai pusat informasi mengenai ikan dan tumbuhan di Indonesia. Kata ponakan saya berasa jadi Iron Man! Hehehe.. Lalu banyak layar yang menampilkan gambar ikan-ikan. Awalnya saya kira cuma segitu aja isi Jakarta Aquarium ternyata harus turun ke bawah lagi. Sayangnya, lift rusak, padahal saya bawa stroller dan ada 2 orang lansia. Untuk stafnya membantu sekali. Tapi jadi ingat kalau ke SEA Aquarium Singapore itu banyak jalan landai jadi gampang untuk akses kursi roda, stroller dan lansia, tanpa perlu di bantu pun bisa jalan sendiri.

Begitu turun kami disambut dengan koleksi ikan yang lebih banyak lagiiiiii, dengan aquarium yang lebih besaaarrrr. Ada kumpulan ikan yang jadi pemeran Dori di Finding Dori, bikin Sya heboh deh. Lalu ikan Piranha, Arwarna, Pari, Hiu, dan masih banyak lagi. Selama liburan ini juga ada face painting gratis di ruangan Children Courses. Tapi yang paling ‘gong’ sih pertunjukan Putri Duyung dan 5D-nya.

Pertunjukan Putri Duyung diadakan setiap pukul 1 dan 3 siang, tapi pastikan untuk menempati teaternya setengah jam sebelum acara di mulai. Karena pasti langsung penuh! Ternyata pertunjukannya memang oke banget! Dua jempol deh buat yang ini karena niat banget! Ya dari pemainnya, ya kostumnya, ya efeknya. Selama 20 menit penonton dibawa ke cerita Ibu tiri sebal sama anak tirinya akhirnya berantem lalu, ya nonton sendiri deh ya. Selesai pertunjukan bisa foto-foto sama pemainnya dengan kostum yang unik-unik.

Kalau 5D nya kata ponakan saya sih seperti masuk ke Kapal Selam sambil berdiri gitu kita diajak lihat laut lalu ada serangan hiu, kapalnya bergetar dan ada efek air serta angin dan suara yang menggelegar! Jadi terasa seperti beneran. Sya sendiri digendong ponakan saya, dia terkesan banget meskipun awalnya takut. Tapi kalau cerita 5D heboh banget, sampai ga bisa dilukiskan kata-kata cuma ekspresi ‘Aaahhh…’.

Ekspresi ‘Aaahhh…,’ juga keluar dari emaknya saat perjalanan pulang yang macet banget. Pasalnya keluar dari Neo Soho Mall menuju toll itu diarahkan ke jalan Tanjung Duren Raya. Totalnya ada 4 lajur mobil, dan keempat lajur itu harus terhenti dengan aktivitas mobil di Jalan Tanjung Duren Raya, karena ada mobil yang mau belok masuk ke kawasan apartemen Neo Soho-Central Park, ada juga mobil dari lajur kiri mau putar balik ke lajur kanan, dll. Wah ruwet banget deh! Arus lalu lintas semerawut kayak gini yang sukses bikin macet 1,5 jam! Dari awal keluar Neo Soho Mall sampai melewati persimpangan Tanjung Duren Raya yang ga sampai 1 km itu. Akhirnya saya sampai rumah jam 9 malam (keluar Neo Soho Mall jam 5 sore) setelah mampir istirahat sambil makan pizza di Grand Lucky SCDB.

Secara keseluruhan si Aquarium Jakarta oke, tapi baiknya dipilih hari saat ga ramai seperti hari kerja karena bisa juga pakai diskon beberapa bank tertentu (lebih lengkap bisa cek di website resmi Jakarta Aquarium).