Saturday, 17 March 2018

ATASI INFEKSI SALURAN KEMIH SAAT HAMIL DENGAN PRIVE URI-CRAN


Sebenarnya mau tulis yang indah-indah di kehamilan trimester 3, biar ada kenangan indah juga ga terus-terusan kesannya mengeluh. Tapi gimana dong, waktu di trimester 3 ini aku kena INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) lagi! Iya lagi, artinya selama kehamilan kedua sudah kena ISK sampai 2 kali yakni di trimester pertama dan ketiga. Kehamilan pertama juga kena ISK sekali, setelah melahirkan pun pernah kena ISK juga loh! Jadi total 4 kali aku kena ISK! Yaampun sering amat, Bu!



Pas tahu kena ISK lagi reaksi pertama adalah SEBAL! Gimana ga sebal, perasaan saya udah jaga banget kebersihan area kewanitaan dan toilet, apalagi saya jarang pakai toilet umum dan kalaupun terpaksa ke toilet umum selalu pakai semprotan pembersih dudukan toilet. Pengalaman ISK pertama yang katanya dikarenakan sering pakai toilet di kantor dulu. ISK kedua katanya kurang minum. ISK ketiga katanya ga bersih area kewanitaannya. Nah yang keempat ini, perasaan semua udah dijaga, tetap aja kena. Sebal campur bingung, kok bisa?



Ternyata jarak uretra atau saluran pelepasan urine dengan kandung kemih kita sebagai wanita ini dekat, nah memasuki trimester akhir kehamilan, jaraknya lebih dekat lagi, jadi deh resiko ISK di kehamilan trimester 3 semakin tinggi.

Padahal nih kalau diperhatikan ada loh tanda-tanda atau gejala awal Infeksi Saluran Kemih seperti ayang-ayangan, atau malah sering buang air kecil, kemudian sakit buang air kecil (sakitnya dari uretra sampai kandung kemih, saya merasakan sakit seperti ini saat ISK kedua).

Penyebab ayang-ayangan dan juga penyebab sakit saat buang air kecil ini ternyata bukan sesederhana karena kurang minum saja, melainkan karena adanya bakteri E.Coli yang menempel di dinding rahim. Meskipun kita sudah banyak minum air putih, belum tentu bakteri E.Coli ini menghilang.

Apalagi ISK saat kehamilan itu juga berbahaya untuk kandungan, seperti ketuban rembes atau bahkan memicu persalinan dini (bayi prematur). Jujur saya juga kuatir, ibu mana yang pengen bayinya prematur?

Begitu tahu ancamannya bukan cuma kesehatan saya tapi juga bayi di kandungan, saya coba cari pengobatan yang aman dan alami. Baca-baca katanya Cranberry adalah buah yang bisa mengobati ISK secara alami. Katanya kandungan Cranberry dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada dinding rahim yang menyebabkan ISK. Oke demi buah hati apa sih yang ga, tapi susah banget cari Cranberry di sini, sekalipun ada harganya mahal, padahal baiknya dikonsumsi setiap hari. Wah bisa tekor bandar ini kalau harus konsumsi buah Cranberry asli setiap hari.

Makanya senang banget begitu ada Prive Uri-cran dari Combiphar yang mengandung buah Cranberry asli! Wah kalau ini sih bikin saya sehat badan dan kantong, karena harga satu bungkusnya sekitar Rp. 7.500 aja. Disarankan sehari mengkonsumsi 2 sachet jadi cukup Rp. 15.000 aja kan. Coba bandingkan dengan harga stau kotak Cranberry yang bisa sampai puluhan hampir ratusan ribu untuk 2 hari makan. Konsumsi secara rutin Uri-cran ini salah satu cara mencegah ayang-ayangan lho dan juga mengatasi susah buang air kecil serta ‘mengusir’ bakteri E.Coli penyebab Infeksi Saluran Kemih.



Saya sendiri suka dengan rasanya, manis segar apalagi ditambah es batu, makin doyan deh! Kalau melihat kandungannya, memang Cranberry yang paling besar artinya penggunaan bahan alami (ekstrak buah cranberry) dominan ini tercermin dari rasanya tidak meninggalkan pahit di lidah. Kelebihannya lagi karena alami jadi aman dikonsumsi Ibu hamil, seperti saya waktu itu ditambah ada kandungan Vitamin C yang pasti baik untuk daya tahan tubuh saya.






Hasilnya bagaimana Ken? Alhamdulillah, kehamilan kali ini tidak ada rembes ketuban seperti kelahiran anak pertama. Proses persalinan pas di usia kandungan mau 40 minggu, artinya kuman E.Coli tidak menyerang ke kandungan saya. Meskipun sudah melahirkan, saya akan rajin konsumsi sih karena baik untuk pencegahan bakteri E.Coli datang lagi. Ga mau deh ISK lagi, cukup sudahhhh..  





No comments:

Post a Comment