Saturday, 27 July 2019

TIGA KUNCI MENJADI IBU BAHAGIA: HARTA, RAGA, JIWA




Menjadi seorang Ibu bukanlah pekerjaan yang mudah, 24 jam sehari 7 hari seminggu terus berkerja untuk keluarga dalam segala bidang. Mulai dari urusan remeh temeh sampai yang besar, Ibu memegang peranan. Tugas yang tak mudah sekaligus mulia, tapi bagaimana seorang Ibu bisa menjalankan tugasnya dengan lancar?

Kalau pria sering dikaitkan dengan Harta, Tahta dan Wanita ternyata Ibu juga punya 3 kunci yang mirip yakni Harta, Raga dan Jiwa. Ketiga kuncian itu harus sehat sehingga bisa menopang Ibu menjadi ‘penjaga’ keluarganya. Sayangnya masih sedikit Ibu yang memahami cara membuat ketiga pondasinya sehat. Padahal...



Apalah artinya sebuah keluarga tanpa Ibu yang bahagia, karena HAPPY MOM HAPPY FAMILY kan?

Dalam acara Moms Mingle bertema 'Mom as The Guardian of The Family' di Cerita Rasa, Jl. Ampera Raya No.9, Jakarta Selatan yang diselenggarakan oleh Kumparan dan SunLife Indonesia dibongkarlah rahasia membuat pondasi Ibu bahagia yakni:

Sehat Harta

Dimulai dengan Harta, sebagian besar Ibu berperan menjadi Menteri keuangan dalam keluarga namun faktanya literasi wanita mengenai keuangan masih lebih rendah dari pria. Hal ini disebabkan karena pola pikir yang sudah ada sejak jaman dulu kala, bila pria berusan mencari uang sedangkan wanita bagiannya adalah urusan domestik rumah tangga. Pun sekarang jaman sudah canggih, wanita banyak yang menjadi ibu pekerja, juga masih ada yang menyerahkan urusan keuangan pada suami. Padahal penting untuk wanita melek finansial karena keuangan yang tidak beres bisa memicu banyak masalah dalam rumah tangga termasuk mempengaruhi masa depan anak.

Lalu mulai dari mana menyehatkan Harta kita, dimulai dari mencatat pemasukan dan pengeluaran rutin setiap bulannya serta daftar harta dan utang yang kita miliki atau istilahnya Financial Check Up. Bila financial kita termasuk sehat, ada baiknya segera merencanakan keuangan untuk Masa Kini, Masa Depan dan Perlindungan.

Masa kini adalah kebutuhan sehari-hari dan termasuk di dalamnya dana darurat serta tabungan untuk rencana jangka pendek. Setiap pemasukan yang didapat baiknya langsung dipisahkan untuk 20-40% kebutuhan harian, 30% maksimal untuk utang dan 10-20% untuk investasi keuangan di masa depan.

Sedangkan Masa Depan adalah rencana finansial dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan seperti liburan, anak sekolah, membeli rumah, dsb. Untuk perencanaan keuangan di masa depan ada instrument yang dapat membantu Ibu seperti investasi berupa reksadana, deposito, saham, dan lain sebagainya.

Terakhir adalah perlindungan yang berfungsi menjaga kita selama menjalankan rencana finansial, karena manusia kan hanya bisa berencana Tuhan juga yang memutuskan. Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan dan dapat menggangu rencana finansial ke depannya ada baiknya nih para Ibu memikirkan perlindungan. Dimulai dari perlindungan jiwa sampai ke kesehatan. Pilihlah jasa perlindungan yang sudah jelas dan berkredibilitas tinggi serta jam terbang memadai begitu saran dari Shierly Ge sebagai Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia.



Sehat Raga

Ini juga hal yang seringkali para Ibu abaikan, padahal kalau Ibu sakit efek dominonya terasa pada seluruh sendi kehidupan keluarga. Ada baiknya mencegah daripada mengobati kan Ibu? Jawabannya sudah pasti Ibu harus tetap sehat, caranya? Dengan menerapkan pola hidup sehat.

Pertanyaannya kemudian muncul di benak para Ibu, apakah mungkin? Bagaimana mengatur waktunya?

Disinilah Kelly Tandiono memberikan tips kalau hidup sehat itu sangat bisa dilakukan dengan hal mudah. Diawali dengan niatan dan tujuan yang jelas seperti dirinya yang ingin hidup sehat karena tidak mau mengalami kejadian seperti sang kakek yang wafat di usia muda. Apalagi setelah menjadi Ibu, Kelly ingin selalu ada untuk keluarganya, hal ini yang memotivasinya untuk hidup sehat.

Kelly memberikan beberapa rahasianya konsisten pada gaya hidup sehat yakni sempatkan berolahraga meski hanya 7 menit setiap hari, memilih buah dan sayur yang lebih banyak dalam konsumsi harian dan pastikan air putih yang cukup.







Sehat Jiwa

Dengan keuangan yang sehat dan raga yang kuat apakah jiwa otomatis menjadi sehat? Belum tentu Ibu, Kania Anggiani bercerita bahwa saat ia menjadi Ibu dengan segala proses yang kurang mengenakan justru membuatnya jadi tidak bahagia, hingga akhinya ia menemukan jati dirinya lewat membangun usaha yang diberi nama Chic n Darling.

Berawal dari usaha di garasi rumah, kini Chic n Darling sudah memiliki karyawan puluhan orang. Pusing kah menjadi Ibu bekerja? pastinya tapi disitu ia menemukan arti dirinya dan kebahagiannya. Sehingga Kania tetap mengembangkan bisnisnya sambal mengasuh kedua anaknya.

Tips dari Kania cari hal yang membuat kita selalu senang, it’s okay untuk menjadi diri kita sendiri meskipun sudah punya suami dan anak tidak lantas mengubah jati diri kita sebenarnya. Itulah yang membuat jiwa kita akan tetap sehat.
***

Ketiga narasumber dalam acara Moms Mingle kemarin sungguh sangat menginspirasi dan menjadi bukti nyata kalau menjadi Ibu itu bisa bahagia dengan pondasi yang kuat dari 3 kuncian tadi, Harta, Raga dan Jiwa. Bagaimana Ibu, apakah sudah sehat pondasinya?

No comments:

Post a Comment