Tuesday, 10 September 2019

BEBELAND: BERMAIN DENGAN HATI




Wahana permainan biasa kita temui di mall ibukota apalagi jelang akhir pekan atau masa liburan. Umumnya wahana permainan ya main aja, bikin anak senang, tubuhnya bergerak, asah motorik halus dan kasar. Tapi main kali ini juga mengasah hati anak lho, di Bebeland permainannya bahkan harus lulus uji dulu dari psikolog Roslina Verauli.

Seperti apa sih permainannya?

Namanya Bebeland dari Bebeclub yang merupakan wahana dengan 3 zona yakni BebeForest, BebeSea dan BebeTown.

Setiap zona punya 5 macam permainan, uniknya setiap permainan mengandung misi tertentu yang mengasah kepedulian anak serta kemampuan anak mencari solusinya. Misalkan pas mau main sepeda, terlihat biasa kan. Tapi mas-masnya kasih sebuah masalah kurang lebih begini percakapannya.

Mas-mas: Jadi di kota ini listriknya sedang mati, diperlukan bantuan. Apakah kamu mau membantu?
Sya: mau
Mas-mas: disini ada sepeda, kira-kira kamu bisa bantu apa?
Sya: hhmm naik sepeda terus jalanin
Mas-mas: yak benar, nanti kalo terus dijalanin sepedanya listrik kota bisa nyala loh!

Lalu Sya dan juga Ali semangat kayuh sepeda sampai listriknya nyala. Setelah berhasil mereka dapat ucapan terima kasih karena sudah membantu kota tersebut.


Setiap permainan memiliki masalah yang berbeda-beda, jadi anak diasah hatinya untuk menjadi peduli dan kemudian berpikir solusi atas sebuah masalah. Saya jadi ingat sistem KKN (tapi bukan KKN di Desa Penari ya! LOL) dimana mahasiswa 'turun' ke desa, melatih kemampuan mereka berpikir solutif dan mengabdi pada negara. Karena saat dewasa itulah yang dilakukan untuk terus berkembang, menemukan masalah lalu mencari solusinya. 

Kalau di zona BebeSea permainannya ada:
- Preserve The Turtle
- Coral Savior
- Clean The Ocean
- Helping Friends
- Fix The Bridge

Sedangkan di zona BebeTown anak diajak main:
- Ligth The City
- Build The Bench
- Fix The Gears
- Move The Bench
- Save The Animal


Dan di zona Forest ini menarik banget karena ada kolam bola dan perosotan:
- Rescue The Cat
- Save The Forest
- Save The Earth
- Feed The Animals
- Find The Way


Selesai satu permainan anak akan diberi badge yang ditempel ke jaketnya dan diucapkan terima kasih sudah membantu menyelesaikan masalah. Dari sini mengubah pola pikir saya tentang bermain, bahwa sambil bermain sebenarnya kita bisa mengasah kemampuan anak mulai dari kepeduliannya yang menimbulkan ide alias mengasah otaknya juga.


Wah, harusnya semua tempat bermain seperti ini ya, jadi jiwa raga dan otak ikutan terlatih semuanya. Karena setiap anak membutuhkan stimulasi tepat untuk mengembangkan IQ dan EQnya supaya jadi pribadi yang berkembang lebih baik lagi dari generasi emak bapaknya. Siapa yang ga mau punya anak hebat, cepat tanggap dan peduli masalah sekitarnya? Pasti semua orangtua langsung mengaminin, saya juga, mari kita aminkan bersama: AMIIINN..









1 comment: