Wednesday, 25 September 2019

TIPS AC ANTI BOCOR BOCOR CLUB





Semua pasti tahu rumus ac:
AC baru itu masih dingin freon masih penuh
AC baiknya dicuci dua atau tida bulan sekali
Kalau sudah ga dingin artinya freon perlu diisi ulang
Kalau ada tetesan air artinya AC bocor perlu ganti freon atau perlu dicuci

Terkesan sederhana ya, padahal justru disitu saya kena tipunya!


Setelah 7 tahun jadi ibu rumah tangga dan mengurusi perintilan macam elektronik rumah, jadi paham atau mau ga mau paham. Seperti kasus AC ini (menyusul kasus pompa air ya), yang baru kusadari bahwa telah tertipu tukang ac bertahun-tahun.  

Jadi gini ceritanya, saat baru nikah kan tinggal di rumah mertua ya, nah di kamar pertama kami itu sudah saatnya ganti AC. Kami belilah AC yang konon katanya canggih bisa atur listriknya sendiri ada ion apa tau yang bisa basmi bakteri di udara. Mengingat Sya waktu itu bayi kan jadi kami pikir oke deh biar kamar lebih sehat.

Lalu terjadilah rumus siklum AC seperti di atas. Kami pikir wajar kali kalo dua tiga bulan AC sudah bocor tandanya ganti freon. Maka rajinlah kami ganti freon setiap dua tiga bulan, tapi AC hanya berjalan baik selama 3 minggu setelah itu timbul lagi tetesan air.

Lalu ada kamar yang ingin saya renovasi jadi kamar kerja, jadi ruangan diperbaiki, dicat dan diberi AC. Karena pikir saya waktu itu AC biasa aja yang murah meriah toh cuma pakai 4-6 jam paling lama. Beli deh AC dengan merek yang sama dengan di kamar tapi kualifikasi jauh dari kata canggih. AC serupa yang kami kemudian pakai di rumah sendiri karena hadiah dari developernya.

Nah balik dulu ke lokasi saat masih di rumah mertua ya, perawatan AC dilakukan seperti biasa tapi anehnya AC di ruang kerja lebih dingin dan lebih gampang perawatannya (tidak usah bolak-balik ganti freon seperti AC di kamar utama). Kami kira tukangnya yang ga cocok atau kurang mumpuni, gantilah tukang ACnya. Beberapa kali ganti jasa servis AC hasilnya tetap sama, AC di kamar sering bocor sedangkan di kamar kerja masih awet.

Begitu pindah ke rumah sendiri setelah ditinggali oleh kami selama 6 bulanan baru deh AC menunjukkan tanda-tanda butuh dicuci dan ganti freon menurut kami. Sebagai catatan kayaknya ni AC di rumah tidak mengalami perawatan selama 2 tahun. Nah saya cek aplikasi go life pas mau pesan service AC kok jenis freonnya banyak banget! Waduh kok bisa begitu?



Selama ini saya tahunya ganti freon aja tanpa cek freon yang tepat untuk AC di rumah. Karena ragu, saya hanya pesan jasa cuci AC saja sambal nanti niatnya mau tanya-tanya sama Tukang ACnya. Sambil menunggu saya browsing dong, sampai saya fotoin bagian samping AC dimana ada keterangan tipe AC dan freon yang harusnya digunakan! Ya, ternyata disamping badan AC sudah tertera tipe AC dan jenis freon yang harusnya digunakan. Saya salah selama ini hanya percaya tukang AC saja tanpa cek lagi apakah freon AC sudah tepat.

Dan harusnya mengganti freon tidak sesering 2-3 bulan sekali. Buktinya setelah dibersihkan AC di rumah kembali dingin sekali tandanya freon masih bagus tidak perlu ditambahkan.

Jadi tips supaya AC anti bocor bocor club menurut saya antara lain:
1. Saat membeli AC cek juga freonnya jenis apa
2. Pilih PK AC sesuai luas ruangan untuk ruangan 3x4 M cukup PK 0,5 tapi lebih besar dari itu baiknya pilih PK yang lebih tinggi.
3. Dampingi service AC saat mencuci AC dan mengisi ulang freon, pastikan freon diisi sesuai dengan AC kita
4. Kalau perlu kasih tag seperti pengisian oli mobil yang suka menggantung di setir mobil itu supaya jelas kapan tanggal AC dibersihkan dan diisi freonnya.
5. Matikan AC kalau tidak perlu-perlu amat, gunakan Angin Cepoi-cepoi sebisa mungkin di rumah kita.

Semoga jadi pencerahan buat buibu semua ya. Tips apalagi nih yang menurut buibu perlu dibahas? Tulis di kolom komentar ya.





No comments:

Post a Comment